Solo (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Patrice Rio Capella menyatakan optimistis bahwa partainya bisa memenuhi target membetuk 7.000 pengurus ranting di wilayah Jawa Tengah dalam satu bulan ke depan.

"Pembentukan 7.000 pengurus ranting tersebut sebelum rapat koordinasi nasional (Rakornas) 26 Juli 2011, sudah harus selesai 100 persen," kata Patrice Rio Capella dalam Rapat Koordinasi Terbatas DPD Partai Nasdem se-Eks Keresidenan Surakarta di Solo, Minggu.

Menurut Patrice yang didampingi Ketua DPP Partai Nasdem Charles Mekyansah, Sekjen Partai Nasdem Jawa Tengah Ayub Purnomo, Ketua DPD Partai Nasdem Solo, Helmi Yusuf, dan pengurus DPP Partai Nasdem, Fitri Rangkuti, target tersebut selain Jawa Tengah, juga berlaku di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Pihaknya juga mengharapkan mampu mencapai target sebanyak 10 juta kader hingga April 2012.

Ia menjelaskan, kepengurusan Partai Nasdem hingga sekarang sudah terbentuk di 33 provinsi, 497 kabupaten maupun kota, dan 6.670 kecamatan.

"Jadi sudah mencapai 98 persen jangkauan partai mengusung tema `Restorasi Indonesia` ini," katanya.

Menurut dia, partainya kini tinggal membentuk kepengurusan di desa-desa, dan hal itu tidak akan ada kendala, karena embrionya sudah ada.

Selain itu, kata dia, sejumlah lapisan masyarakat akan menerima kedatangan Partai Nasdem tersebut, karena hal ini satu satunya yang mengusung tema perubahan pada Pemilu 2014.

"Jateng, Jabar dan Jatim mempunyai jumlah desa besar, sehingga menjadi target pembentukan pengurus ranting," katanya.

Namun, kata dia, bukan berarti desa-desa lain di luar Pulau Jawa kemudian terus dikesampingkan. Karena, jika Jawa dapat memenuhi target, maka daerah di luar lainya akan lebih mudah.
(B018//R007)